Friday 7 March 2014

Lodeh Termanipulasi

lodeh made in saya

He he hee,,, setiap orang yang berada jauh dari negara tercinta, pasti akan merindukan segala sesuatu yang berhubungan dengan apapun yang biasa kita lakukan, kita makan, kita minum, dan lain sebagainya.
karena di negara orang kita akan menjumpai kebiasaan-kebiasaan yang berbeda.
dari kebiasaan adat, kebiasaan berpakaian, kebiasaan makan, dan bahkan masakan dan cara memasaknya pun berbeda.
jangankan di negara orang,,, di satu negara saja berbeda suku juga berbeda adat, pakaian dan banyak lagi.
tapi kita harus bisa beradaptasi di manapun kita berada.


Wuuuh membicarakan kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan di negara / tempat kita masing-masing.
itu membuat saya ingat, kangen, akan segala hal yang biasa saya lakukan dan saya makan ketika di negeri tercinta.
terutama kangen makanan ciri khas tempat tinggal saya.
yaaahhh karena di tempat saya tinggal sekarang, makanan dan cara memasaknya sangat berbeda.
kalau biasanya di negara indonesia tercinta saya biasa menyantab makanan yang rasanya gurih, dan tentunya pedas.
karena pedas bisa di bilang rasa fvorit saya.
tapi lain halnya di sini.
di sini saya harus membiasakan diri dengan makanan yang tawar (tanpa rasa).
memang saya bisa untuk memakan makanan yang hambar setiap hari.
karena ini semua sudah menjadi tuntutan saya, untuk beradaptasi di manapun saya tinggal.
dan juga, walau rasa hambar tapi gizi menebar.
tapi saya juga tidak mau munafiq kalau sebenarnya saya merindukan aneka cita rasa makanan indonesia.

hmmm,,,, karena saya pikir, saya harus mengobati rasa kangen saya biar tidak semakin menjadi-jadi. jiahaha
maka saya mencoba untuk memasak salah satu masakan asal negara tercinta indonesia.
yaitu lodeh
karena kebetulan dua hari yang lalu, majikan saya melihat toko indonesia, kemudian dia membelikan beberapa makanan indonesia termasuk santan.
maka timbullah inspirasi untuk memasak lodeh, karena santan adalah salah satu bahan baku untuk membuat lodeh.
tapi,,,, karena bahan-bahan untuk membuat lodehnya tidak lengkap, terutama bumbunya.
jadi saya harus memanipulasi agar masakan saya terlihat seperti lodeh yang sempurna.
walau rasanya sangat berbeda.


Lodeh yang satu ini made in saya sendiri.
saya membuatnya dengan cara yang praktis dan sangat gampang.
lodeh buatan saya ini bahan dasarnya jamur, tahu, dan udang.
dan cara membuatnya,,, pertama saya harus mencuci bersih semua bahan, lalu kemudian saya memotongnya menjadi potongan kecil.
tapi bukan udangnya lhooo,,, di sini udangnya saya biarkan utuh.
selanjutnya saya mengambil sedikit bawang putih dan jahe kemudian saya mencincang-cincang jahe dan bawang putih tersebut layaknya musuh.
yaaah karena bumbu yang tersedia di sini cuma itu.


kini tinggal bagaimana cara saya memasaknya.
pertama saya panaskan wajan /penggorengan, kemudian saya teteskan sedikit minyak sayur kedalam wajan.
setelah itu saya mulai menggoreng bumbunya yaitu bawang dan jahe cincang sampai mengeluarkan aroma harum.
lalu kemudian saya masukkan semua bahan dasarnya.
oohh ya saya lupa belum mengiris cabai,,,!!!
sambil mengiris cabai maka saya masukkan sedikit air kedalam wajan.
lalu kemudian saya memasukkan cabainya juga, dan untuk menciptakan warna biar seperti lodeh asli, maka saya taburkan sedikit bumbu kari bubuk.
selanjutnya saya tambahkan sedikit garam tanpa penyedap rasa.
terakhir saya memasukkan santan, setelah mendidih saya tuang lodehku kedalam mangkok.
kini tinggal menikmati masakan berbentuk lodeh tapi rasanya adaaa deeecchh,,,,!!!

baca juga nyawa melayang akibat cinta segi 3


9 comments:

  1. I know what you mean Muya, we can definitely get used to other foods from other countries or even just within our own country... but there are still dishes that I would still cook elsewhere to bring a little of home with me there :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah you are right dear launna
      That's what I mean
      Oohh it turns out you same as me
      And thank you very much for you are always come here

      Delete
  2. disamping mahir memasak, mbk Muya juga makin mahir aja ngeblognya. selamat atas blog barunya & salam sukses selalu.

    ohya ditunggu follbacknya ya..

    ReplyDelete
  3. dilihat dari kuahnya, sepertinya seger banget ya mbak lodeh nya. Jadi lapar saya ingin makan malam hehehe :D

    ReplyDelete
  4. kalau udah dimanipulasi getu, jadi kelihatan produk baru ya mbak :D

    ReplyDelete
  5. selamat pagi mbak muya , , ,
    bisa nggak mbak saya panggilnya chef muya saja , , , xixixixixixi
    soalnya pinter manipulasi makanan dah , ,

    ReplyDelete
  6. wah mbak muya ternyata jago masak juga nich . Boleh nyicipi masakan nya nggak mbak :)

    ReplyDelete
  7. Kalau di lihat dari sayuran membuat ingat masakan orang tua saya. Dan pasti seger sekali tuh sayur lodehnya. :D

    Salam

    ReplyDelete
  8. Lodeh termanipulasi, keren juga namanya. Kadang-kadang, dengan eksperimen kecil-kecilan bisa menghasilkan sesuatu yang oke punya. Keterbatasan jangan menjadi halangan untuk berkreasi dan pingin makan enak. Hi...hi....
    Salam kenal.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan kalian semua!!!
Hanya kata "terima kasih" lah yang bisa aku ucapkan
Salam sukses selalu dariku buat kalian semua!!!